?>
Fuso Update 16 October 2019

Misi Keluarga Kusmajadi Keliling Nusantara Naik Colt Diesel: Unlocking Indonesia’s Treasure

Misi Keluarga Kusmajadi Keliling Nusantara Naik Colt Diesel: Unlocking Indonesia’s Treasure

Traveling jadi salah satu cara untuk menikmati kehidupan karena kita bisa menemui banyak orang baru dan budaya baru di tempat lain. Apalagi, Indonesia merupakan negara yang kaya akan panorama alam dan budayanya sehingga mengelilingi Indonesia bisa jadi paket lengkap untuk seorang traveller.

Tak terkecuali bagi keluarga Kusmajadi yang beranggotakan Bapak Dodi Kusmajadi, Bu Melati dan kedua anaknya yakni Hakim dan Sabiya, yang juga memiliki misi berkeliling Indonesia dengan cara yang unik yakni menggunakan motorhome Colt Diesel. Penasaran bagaimana cara Keluarga Kusmajadi menyulap Colt Diesel dari kendaraan niaga menjadi motorhome yang tangguh untuk diajak berkeliling Indonesia? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pemilihan Kendaraan Untuk Motorhome

Awal mulanya, Pak Dodi Kusmajadi sempat berencana untuk menggunakan mobil SUV double cabin yang dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan. Akan tetapi, mobil-mobil tersebut dirasa belum bisa mengakomodir semua kebutuhan keluarganya selama perjalanan karena hanya bisa menggunakan roof tent yang cukup berisiko. Setelah pencarian panjang, pilihan pun jatuh pada truk Mitsubishi Fuso dengan pilihan varian Colt Diesel FE-71 L.

Proses Pembuatan Motorhome

Truk Colt Diesel FE-71 L yang digunakan Keluarga Kusmajadi untuk berkeliling Indonesia tergolong ke dalam kelas Light duty truck. Truck ini mengalami banyak perubahan pada beberapa bagian dengan menyerahkannya ke karoseri Delima Jaya di Bogor. Pada bagian eksterior proses pengerjaan motorhome menghabiskan waktu hingga 4 bulan dengan modifikasi paling besar pada bagian atap yang dibuat lebih tinggi. Keluarga Kusmajadi membuat Colt Diesel FE-71 L yang semula memiliki tinggi keseluruhan 2.110 mm menjadi 2.900 mm atau bertambah nyaris 800 mm dari tinggi semulanya. Bagian atap juga didesain mampu meninggi kembali sebesar 50 cm untuk menghadirkan sirkulasi udara di dalam motorhome.

Fasilitas Motorhome

Selain bagian interior yang dibuat lebih tinggi, Keluarga Kusmajadi juga menciptakan fasilitas yang nyaman di bagian interior motorhomenya agar terasa seperti berada di rumah yang sesungguhnya. Di dalamnya, Anda akan menemukan perabotan yang lengkap mulai dari kitchen set, tempat tidur, wastafel, PC, hingga toilet. Selain itu, terdapat pula tandon air untuk menyimpan air selama perjalanan dengan kapasitas 200 liter untuk kebutuhan selama 4 hari, dua sepeda untuk berjalan-jalan, dan aliran listrik yang dihasilkan oleh cahaya matahari melalui panel surya sebanyak 5000 watt pada bagian atap motorhome serta genset sebagai sumber energi listrik cadangan.

Perawatan Motorhome Selama Traveling

Melakukan perjalanan jauh dengan motorhome, membuat Pak Dodi Kusmajadi perlu melakukan perawatan secara berkala. Sejauh ini, Pak Dodi tidak mengalami kendala pada mesin karena menggunakan mesin yang tergolong baru. Sementara itu, perawatan yang paling sering dilakukan adalah penggantian ban yakni sebanyak 5 kali selama 1 tahun perjalanan. Pak Dodi juga mengaku bahwa Ia tidak terlalu sering mencuci bagian luar motorhomenya karena relatif sulit untuk dibersihkan meski tetap membersihkan bagian dalam motorhome setiap hari.

Itulah ulasan seputar motorhome Colt Diesel yang digunakan oleh keluarga Dodi Kusmajadi untuk berkeliling Indonesia. Saat ini, Pak Dodi dan keluarga tengah merencanakan perjalanan berikutnya yakni mengelilingi pulau Sulawesi dan Kalimantan bersama motorhomenya. Simak terus kelanjutan perjalanan Keluarga Kusmajadi di blog Keluarga KusmajadiInstagram dan channel youtube-nya.