?>
Fuso Update 15 October 2019

Kontribusi Mitsubishi Fuso Untuk Mencerdaskan Bangsa

Kontribusi Mitsubishi Fuso Untuk Mencerdaskan Bangsa

Salah satu fokus kegiatan tanggung jawab sosial KTB di bidang pendidikan melalui program FUSO Vocational Education Program (VEP). Ini merupakan program pengembangan dan pemberdayaan yang berfokus pada pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Saat ini KTB membina 14 SMK di berbagai wilayah Indonesia, diantaranya Medan, Palembang, Lampung, Bekasi, Solo, Kebumen,  Malang, Banjarmasin, Makassar, Pontianak, Banjarbaru.

KTB meyakini bahwa pendidikan merupakan faktor penting dalam pembentukan karakter bangsa yang kuat. Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Indonesia dalam memajukan SMK, sehingga para lulusannya diharapkan mampu menerapkan ilmunya untuk kemajuan industri.

Apa saja rangkaian program FUSO VEP dalam mendukung pengembangan komptetensi SMK? Berikut penjelasannya:

Donasi Truk

KTB mendonasikan satu Truk Colt Diesel kepada masing-masing sekolah. Donasi ini dimaksudkan agar kendaraan tersebut dapat dijadikan bahan praktek para guru dan siswa.

Pelatihan Otomotif untuk Guru dan Siswa

Seluruh Guru dan Siswa binaan KTB akan mendapatkan training bersertifikasi dari Mitsubishi Fuso yang sudah terstandarisasi secara global. Pengajar merupakan team dari Krama Yudha Regional Training Center (KRTC) di masing-masing daerah. Materi yang disampaikan diambil dari materi pelatihan M-STEP 1 yang merupakan pelatihan dasar otomotif kendaraan niaga. Unit Mobile Workshop (MWS) juga dihadirkan untuk memperkaya materi pelatihan, sehingga para peserta bisa mempraktekkan ilmunya secara langsung dengan dibantu service tools yang terdapat dalam MWS.

Seminar Otomotif

Seminar diisi oleh para praktisi ahli dari KTB yang telah berkecimpung di dunia otomotif kendaraan niaga. Materi yang disampaikan berupa product knowledge, trend kendaraan niaga, teknologi kendaraan niaga, serta issue-issue yang terkait kendaraan niaga pada umumnya.

Kompetisi Nasional

Setelah mendapatkan ilmu dan pelatihan, para siswa akan diasah serta diuji kemampuannya melalui Kompetisi Nasional antara perwakilan siswa dari masing-masing sekolah. Adapun tes yang dilakukan berupa tes ujian tertulis, wawancara, serta ujian praktek, sehingga kemampuan para siswa dapat terukur.
FUSO Sharing Moment

Para siswa akan mendapatkan pelatihanĀ soft-skillĀ dari para volunteers yang merupakan karyawan KTB. Para volunteers akan berbagi pengalaman selama berkarir di KTB, serta berbagi tips bagaimana membuat Curriculum Vitae, Surat Lamaran, serta proses interview seleksi pekerjaan.