?>
Fuso Update 25 October 2019

Mengenal Keluarga Kusmajadi, Keliling Indonesia Sekeluarga dengan Colt Diesel

Mengenal Keluarga Kusmajadi, Keliling Indonesia Sekeluarga dengan Colt Diesel

Tinggal di caravan bersama seluruh anggota keluarga mungkin jadi hal yang umum kita jumpai di film-film Hollywood. Namun, di Indonesia rasanya tinggal di caravan bukanlah suatu hal yang umum atau bahkan langka. Tapi tidak demikian dengan keluarga Kusmajadi yang memilih untuk tinggal di dalam motorhome dan berkeliling Indonesia bersama keluarganya. Siapakah keluarga Kusmajadi dan bagaimana kisahnya berkeliling Indonesia bersama motorhome Mitsubishi Fuso Colt Diesel? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Rencana Keliling Indonesia

Ide keliling Indonesia dengan menggunakan motorhome yang dilakukan keluarga Kusmajadi tidak datang secara spontan. Sang istri, Bu Melati, mengatakan ada beragam hal yang dipertimbangkan sampai akhirnya rencana keliling Indonesia dengan motorhome benar-benar terealisasi. Mulai dari pekerjaan mereka, sekolah anak-anak, sampai kondisi terburuk saat perjalanan keliling Indonesia. Pada akhirnya, Pak Dodi Kusmajadi dan Bu Melati berhasil memantapkan hati untuk resign dari pekerjaanya dan mengajak serta dua anaknya Hakim dan Sabiya untuk berkeliling Indonesia sambil menjalani Home Schooling atau lebih tepatnya Travel Schooling menurut Pak Dodi Kusmajadi.

Misi Keliling Indonesia dengan Motorhome

Project keliling Indonesia dengan motorhome yang direncanakan keluarga Kusmajadi bukan sekadar ingin berlibur dengan cara yang berbeda saja. Lebih dari itu, Pak Dodi Kusmajadi dan Ibu Melati memiliki misi ingin mengenalkan budaya Indonesia yang beragam kepada kedua anaknya, Hakim dan Sabiya. Menurut sang anak, Sabiya, ada 4 hal penting yang ingin dilakukan dengan berkeliling Indonesia yakni mengenal sejarah, budaya, alam dan bertemu langsung dengan pahlawan lokal yang hidup sederhana bersama alam. Namun dalam perjalanannya perjalanan Keluarga Kusmajadi justru tidak hanya memberi pelajaran berharga bagi kedua anaknya, tetapi juga bagi mereka sebagai orang tua, serta masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kisah Sebelum Keliling Indonesia

Keinginan untuk berkeliling Indonesia hadir setelah Pak Dodi Kusmajadi pergi mengunjungi desa Wairebo di Flores pada bulan Juli 2017. Agar bisa mencapai lokasi tersebut, Pak Dodi dan keluarganya harus menanjak hingga ketinggian 1500 Mdpl. Di lokasi tersebut Pak Dodi Kusmajadi juga tidak menjumpai aliran listrik dan sinyal handphone. Tapi, masyarakat disana hidup menyatu dengan alam dan saling menjaga, melindungi dan menghidupi. Hal tersebut lah yang menjadi pemantik rasa penasaran Keluarga Kusmajadi untuk berkeliling Indonesia dengan menggunakan motorhome.

Pengalaman Home Schooling

Rencana berkeliling Indonesia dengan menggunakan motorhome selama satu tahun penuh mengharuskan kedua anak mereka Hakim dan Sabiya mengikuti Home Schooling. Sempat ada rasa khawatir karena terbiasa mengenyam pendidikan melalui bangku sekolah formal, namun ketika dijalani kedua anak Kusmajadi justru sangat menikmati proses Home Schooling. Mereka bisa belajar secara langsung dari tempat-tempat yagn mereka kunjungi. Belajar Sejarah, Budaya, Interaksi masyarakat, yang hanya bisa didapatkan ketika mereka menjalani perjalanan ini.

Mengatur Rasa Bosan Selama Traveling

Perjalanan keliling Indonesia selama berbulan-bulan tidak selamanya berjalan mulus. Pak Dodi menuturkan bahwa anak-anak juga sempat merasakan jenuh saat melakukan traveling. Untuk mengatur rasa bosan selama traveling, Pak Dodi menyiasatinya dengan menginap seminggu sekali di Hotel untuk memberikan hiburan kepada anak-anak.

Kisah Menarik Selama Perjalanan

Perjalanan Keluarga Kusmajadi mengelilingi Indonesia dimulai sejak tanggal 3 September 2018 mulai dari menelusuri pantai barat pulau Sumatera. Menurut Ibu Melati, pengalaman paling menarik yakni ketika menelusuri danau toba dari jalur utara melewati Simalem hingga akhirnya menginap di menara Tele. Pada pagi harinya, Keluarga Kusmajadi disuguhkan pemandangan sunrise yang sangat indah tanpa diduga atau direncanakan sebelumnya. Selain itu, mereka juga pernah menginap di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur dan bertemu dengan ratusan kijang di sekeliling motorhomenya pada pagi hari.

Sementara itu, sang anak Sabiya juga mendapatkan pengalaman menarik saat berada di Mentawai, Sumatera Barat dimana ia menjumpai ritual yang dilakukan warga setempat sebelum menebang pohon. Keluarga Kusmajadi juga pernah dijamu oleh seorang Pedanda (pendeta Hindu) di Tabanan, Bali dan diberikan tempat tinggal serta makanan halal selama 3 hari. Saat ada upacara Ngaben, Keluarga Kusmajadi juga diajak untuk melihat langsung upacara yang terkenal sakral tersebut.

Selama perjalanan, Keluarga Kusmajadi tidak hanya menikmati panorama alam, budaya baru dan belajar hidup mandiri. Mereka juga mengabadikan tiap momen selama perjalanan dengan membuat vlog serta tulisan di dalam blognya. Simak kelanjutan cerita Keluarga Kusmajadi mengelilingi Indonesia dengan motorhome Colt Diesel di blog Keluarga KusmajadiInstagram dan channel youtubenya.