?>
Fuso Update 17 April 2020

Pengemudi Truk Mitsubishi Fuso Tetap Bekerja Agar Roda Distribusi Kebutuhan Pokok Tetap Berjalan

Pengemudi Truk Mitsubishi Fuso Tetap Bekerja Agar Roda Distribusi Kebutuhan Pokok Tetap Berjalan

Wabah virus Corona yang kian merebak membuat pemerintah pusat dan daerah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan laju penyebaran. Aturan PSBB sudah resmi dijalankan, secara otomatis kegiatan publik pun dibatasi. Misalnya seperti meliburkan perkantoran dan instansi, pembatasan kegiatan keagamaan, serta pembatasan transportasi publik.

Untuk transportasi publik dan transportasi secara umum (mobil pribadi dan kendaraan niaga,) memang sudah memiliki aturan yang spesifik terkait PSBB. Seperti mobil pribadi yang harus physical distancing di dalam mobil dan kendaraan niaga seperti truk yang mengharuskan pengemudinya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri.

Para pengemudi truk memang tidak bisa di rumah saja mengikuti anjuran pemerintah. Meski mengaku khawatir dengan kondisi pandemik COVID-19, para pengemudi truk tetap harus bekerja untuk memastikan bahwa rantai distribusi logistik dapat berjalan lancar.  

Buhari, sebagai pengemudi Mitsubishi Fuso, ia mengaku bahwa semenjak diberlakukan PSBB para pengemudi truk tetap bekerja meski muatan yang dibawa jumlahnya menurun dibandingkan hari biasa. Efek ini juga dirasakan oleh Kaji Sukamto, pengemudi Mitsubishi Fuso dari Gresik. Ia menyebut ada banyak jalan yang terpaksa ditutup akibat PSBB. Yuli Prasetyo, rekan sesama pengemudi truk juga tetap menjalankan aktivitasnya dan meminta agar masyarakat yang dapat diam di rumah agar tidak keluar rumah untuk sementara waktu “Bantu kami menjalankan tugas kami agar tetap merasa aman dalam mendistribusikan kebutuhan pokok” ujarnya.

Meski mengaku khawatir dengan pandemik COVID-19, namun para pengemudi ini tetap berusaha memberikan pelayanan terbaiknya dengan mendistribusikan muatan ke berbagai tempat, sehingga kebutuhan pokok masyarakat tetap terjaga.

Dengan pekerjaan yang mengharuskan para pengemudi keluar rumah, mereka memiliki tips untuk diri sendiri agar terhindar dari virus. Yuli mengungkapkan bahwa ia tetap menjaga kebersihan baik lingkungan maupun diri sendiri agar tetap sehat dan fit. Caranya dengan berolahraga walau sebentar dan meminum jamu herbal. Sedangkan Kaji memberikan tips singkatnya yaitu dengan berdoa agar wabah segera berlalu dan juga selalu menggunakan masker.

Para pengemudi kendaraan niaga terbaik ini walau harus berada di luar rumah, namun tetap ingat untuk menjaga kesehatannya. Bagi Anda yang juga harus berada di luar rumah, jangan lupa untuk selalu menerapkan anjuran kesehatan yang disarankan oleh WHO seperti berikut:

  • Gunakan masker dan sarung tangan saat berkendara
  • Menggunakan tongkat toll untuk menghindari permukaan mesin e-toll
  • Cuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik sampai bersih
  • Semprot stir dan benda yang kemungkinan terpapar virus menggunakan disinfektan
  • Segera mandi dan berganti pakaian sesampainya di rumah
  • Jangan bersandar atau menyentuh apapun sepulang bekerja di luar rumah
  • Hindari kontak langsung dengan keluarga sebelum membersihkan diri terlebih dahulu

Jika anjuran kesehatan di atas diikuti dengan baik dan disiplin, maka Anda bisa turut membantu menurunkan kurva peningkatan COVID-19 baik di Indonesia maupun di dunia.