?>
Fuso Update 23 June 2021

Bisakah Konsumsi Bahan Bakar Truk Komersial Direduksi?

Bisakah Konsumsi Bahan Bakar Truk Komersial Direduksi?

Ada banyak hal yang memengaruhi harga jual suatu barang produksi, salah satunya adalah biaya transportasi. Melansir dari situs cogoport.com, pengaruh biaya transportasi terhadap harga jual mencapai 4 hingga 10 persen. Sayangnya, tidak mudah untuk mengurangi biaya transportasi ini apalagi jika terkait dengan bahan bakar.

Memang, persoalan konsumsi bahan bakar truk komersial sudah lama menjadi perhatian pelaku industri kargo dan logistik. Pasalnya, statistik menunjukkan bahwa bahan bakar menjadi salah satu penentu utama tinggi rendahnya biaya transportasi kendaraan komersial. Terlebih saat harga bahan bakar naik, penggunaan solar tentu akan membengkakkan biaya transportasi.

Menghilangkan biaya ini tentu tidak mungkin karena kendaraan selalu membutuhkannya untuk beroperasi. Namun, Anda bisa mengurangi biaya transportasi dengan memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui beberapa cara berikut:

  • Sesuaikan kapasitas muatan dengan jenis kendaraan

Hanya gunakan truk sesuai dengan kapasitas muatan. Sebelum memilih truk yang tepat untuk bisnis Anda, pastikan berkonsultasi dengan Sales Assitance.

  • Kontrol tekanan ban secara rutin;

Pada saat mobil beroperasi dan ban berputar, maka akan terjadi rolling resistance atau  gaya yang dibutuhkan oleh ban untuk bergerak maju. Ketika tekanan angin pada ban kurang, maka rolling resistance akan semakin besar sehingga kebutuhan bahan bakar juga akan meningkat. Pengecekan tekanan ban angin wajib dilakukan secara berkala, karena meskipun tidak bocor, adanya pori-pori pada dinding ban menyebabkan tekanan angin dapat berkurang secara alami.

  • Kelola kecepatan berkendara;

Semakin tinggi kecepatan kendaraan, maka konsumsi bahan bakar juga semakin besar. Terlebih jika kecepatan tidak stabil selama berkendara, seperti ketika pengemudi berkendara dengan agresif.

  • Buat jadwal perjalanan harian;

Buatlah daftar perjalanan yang harus ditempuh hari ini untuk menentukan rute paling efektif untuk menghemat waktu maupun konsumsi bahan bakar. Dengan cara ini, Anda juga bisa memperkirakan kapan barang sampai ke gudang konsumen dalam kondisi perjalanan normal.

  • Maksimalkan ruang kontainer.

Aturlah barang hingga dapat terisi penuh secara maksimal. Sebisa mungkin, buatlah agar seluruhnya dapat diantar dalam satu kali pengantaran. Namun jikaa tidak memungkinkan, maka gunakanlah mobil lain dengan ukuran muatan yang sesuai dengan sisa barang. Hindari memaksakan pengiriman melebihi muatan truk karena dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros dan juga berpotensi merusak komponen truk.

Untuk semakin memaksimalkan efektivitas dan efisiensi penggunaan bahan bakar, Anda juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satunya yaitu RUNNER Telematics dari KTB FUSO yang sudah diaplikasikan pada semua truk Colt Diesel maupun Mitsubishi Fighter sejak tahun 2018.

Aplikasi berbasis global positioning system (GPS) tersebut mampu mengawasi kendaraan komersial secara real-time; termasuk pengawasan kecepatan, rute, cara mengemudi, hingga bahan bakar dalam tangki. Simak lebih lanjut bagaimana cara memasang gps di mobil truk dengan artikel ini. Melalui beberapa cara di atas, perawatan kendaraan secara berkala,Ā  serta pemanfaatan teknologi seperti RUNNER Telematics, maka Anda tidak perlu lagi khawatir dengan pembengkakkan biaya transportasi akibat konsumsi bahan bakar yang boros.