?>
Fuso Update 15 July 2021

Service Kendaraan di Rumah Saja Selama PPKM Darurat

Service Kendaraan di Rumah Saja Selama PPKM Darurat

Meskipun sedang masa pembatasan seperti sekarang akibat pandemi, tetapi kendaraan niaga seperti truk tetap beroperasi seperti biasa. Baik untuk menempuh perjalanan jarak dekat maupun untuk perjalanan jauh. Terutama untuk truk yang menangani pengiriman bahan pokok, tentunya kondisi apapun yang terjadi tetap harus beroperasi seperti biasa untuk memenuhi kebutuhan keseharian masyarakat.

Untuk mendukung performanya agar selalu maksimal, tentunya perlu dilakukan berbagai perawatan seperti:

  • Panaskan mesin sebelum digunakan

Fungsi memanaskan mesin adalah untuk memberi kesempatan pelumas bersirkulasi ke seluruh area mesin. Selain itu, pada mobil diesel sistem pembakarannya adalah menggunakan glow plug yang akan mengubah aliran listrik pada baterai menjadi panas sehingga kompresi pada ruang bakar meningkat dan solar lebih mudah terbakar. Proses memanaskan mesin ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dan terutama dilakukan pada mobil dengan tahun produksi lama.

  • Ganti semua filter secara berkala

Sama halnya dengan mobil lainnya, truk juga memiliki berbagai jenis filter yang berfungsi sebagai penyaring. 

  1. Filter udara: menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran
  2. Filter bahan bakar: menyaring bahan bakar termasuk memisahkannya dari kandungan air
  3. Filter oli: menyaring oli atau pelumas untuk memastikan oli yang bersirkulasi bersih dari kontaminan

Filter ini dapat dibersihkan dan digunakan kembali. Namun jangan lupa, bahwa komponen ini tetap memiliki usia pakai dan kualitas penyaringannya akan berkurang dengan semakin lamanya pemakaian. Jika filter tetap digunakan tanpa diganti, maka berisiko menimbulkan penyumbatan yang akan memengaruhi performa mesin atau bahkan bisa menimbulkan kerusakan.

  • Ganti oli tepat waktu

Oli memiliki fungsi penting untuk melumasi seluruh bagian mesin terutama area yang saling bergesekkan. Semakin lama pemakaian oli, maka kemampuannya untuk melumasi mesin akan semakin berkurang sehingga perlu diganti dengan yang baru. Ada dua indikator yang bisa digunakan untuk mengganti oli, yaitu jarak tempuh (5.000 km) atau waktu (sekitar 6 bulan untuk truk yang jarang digunakan). Mengabaikan perawatan ini dapat berdampak pada cepat ausnya mesin karena terus bergesekkan tanpa adanya cairan yang melumasi.

  • Jaga kebersihan secara keseluruhan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu perawatan penting untuk meningkatkan performa truk, meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara, serta kepercayaan konsumen. Area mesin yang kotor, terutama jika kotoran tersebut mengandung zat yang dapat mempercepat proses korosi sehingga mesin cepat karat. Sementara itu, jika body eksterior maupun interior yang kotor, tentunya akan membuat konsumen merasa ragu untuk menyerahkan barangnya. Terutama ketika barang yang harus dikirimkan adalah sesuatu yang sensitif atau berharga.

  • Perhatikan bahan bakar

Menggunakan solar yang sesuai dengan saran dari pabrik (dalam manual book) akan membuat performa mesin lebih terjaga. Tidak hanya pemilihan bahan bakar saja, Anda juga tidak boleh membiarkan tangki bahan bakar dalam kondisi kosong atau hampir kosong. Sebab ketika bahan bakar dalam tangki terlalu sedikit, maka udara dapat ikut terhisap oleh pompa bahan bakar dan menyebabkan mesin mengalami ā€œmasuk anginā€.

  • Muat barang sesuai kapasitas

Meskipun truk dapat memuat barang dengan bobot yang berat, tetapi setiap truk tetap memiliki batas maksimal muatan. Ketika truk dipaksakan memuat melebihi kapasitasnya, baik bobot maupun dimensi (ODOL), maka tidak hanya dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lain, tetapi juga mempercepat kerusakan mesin.

Untuk memudahkan dalam melakukan perawatan yang berkaitan dengan mesin, Anda bisa memanfaatkanĀ MWS (Mobile Workshop Service). Dengan fasilitas MWS dari Mitsubishi Fuso, perawatan kendaraan niaga bisa dilakukan di rumah dengan kualitas yang tetap terjamin.