?>
Fuso Update 24 August 2023

Mengenal Kendaraan Dump Truk di Indonesia

Mengenal-Kendaraan-Dump-Truk-di-Indonesia

Kendaraan dump truk merupakan salah satu jenis kendaraan berat yang sering digunakan dalam industri konstruksi dan pertambangan. Dump truk memiliki fungsi utama sebagai alat angkut material seperti pasir, tanah, batu, dan bahan tambang lainnya. Dengan kapasitas angkut yang besar dan sistem pemindahan material yang efisien, dump truk menjadi salah satu alat penting dalam proyek-proyek besar di Indonesia. 

Apa itu Dump Truk?

Dump truk adalah kendaraan berat yang dilengkapi dengan bak belakang yang dapat diangkat dan dibuang isinya ke tempat tujuan. Bak belakang pada dump truk dapat diatur sudut kemiringannya sehingga memudahkan pembuangan material. Umumnya, dump truk digunakan dalam industri konstruksi untuk memindahkan material konstruksi dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, mereka juga digunakan dalam industri pertambangan untuk mengangkut dan membuang material tambang.

Jenis Truk Fuso Dump Truk dan Kapasitasnya

Saat ini, Fuso melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors telah menghadirkan berbagai varian truk yang menjadi pilihan bagi para pengangkut dalam urusan pengiriman barang. Akan tetapi, tahukah Anda mengenai jenis-jenis truk Fuso dump truk yang ditawarkan oleh Mitsubishi? Berikut adalah jenis-jenis dump truk dari truk Fuso beserta kapasitasnya.

Light Duty (Truk Muatan Ringan)

1. FE 84 SHDX yang memiliki kemampuan untuk membawa beban hingga 8,5 ton GVW (Gross Vehicle Weight) dan mencapai kecepatan maksimum 88 km/jam. Menggunakan mesin dengan 4 silinder sejajar, torsi maksimumnya mencapai 43 Kg.m pada 1.500 – 2.500 rpm. FE 84 SHDX sering digunakan sebagai dump truk standar untuk membawa material bangunan di perkotaan.

2. FE 74 HD adalah varian berikutnya yang ditawarkan oleh Fuso. Dengan kecepatan maksimum 95 km/jam dan kapasitas beban hingga 8,25 ton GVW (Gross Vehicle Weight), jenis ini banyak disukai oleh pengusaha untuk pengiriman barang niaga, seperti hasil pertanian, hasil produksi, serta untuk keperluan pindahan. Truk ini umumnya memiliki karoseri dump.

3. FE SHDX adalah salah satu dump truk canter yang memiliki mesin tangguh sangat cocok untuk industri pertambangan. Varian ini mampu melibas berbagai medan jalan ekstrem seperti tanjakan terjal, dan juga beban berat. Kapasitas dump truck dari FE SHDX sendiri mampu menahan dengan beban maksimal GVW hingga 8,5 ton. 

Medium Duty (Truk Muatan Sedang)

1. FM 65 FS Hi Gear adalah truk medium duty dengan dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan light duty. FM 65 FS sering digunakan sebagai dump truk karena memiliki dimensi chasis yang cukup besar, yaitu panjang 9.380 mm dengan lebar 2.455 mm. Truk ini mampu membawa muatan hingga 16 ton GVW.

2. FN 62 FL HD R dilengkapi dengan 4 stroke-cycle water cooled direct injection turbocharged diesel engine. Truk ini dapat mencapai kecepatan hingga 77 km/jam dengan dimensi yang cukup lebar dan panjang (2.490/11.935). Mampu mengangkut beban hingga 26 ton GVW dan 36 ton GCW.

3. Fighter X FN 62 F HD R, salah satu dump truk mitsubishi atau juga bisa digunakan untuk karoseri lain karena memang multiguna. Truk ini memiliki maksimal GVW hingga 26 ton dan maksimal GCW hingga 36 ton. Menariknya, truk satu ini mampu menanjak tanjakan terjal hingga 58% dengan muatan maksimal. 

2 Golongan Dump Truk

Dump truk memiliki variasi ukuran dan jenis yang berbeda. Berdasarkan informasi dari situs teknik sipil, dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu On Highway Dump Truck dan Off Highway Dump Truck.

On-Highway Dump Truck

Untuk jenis ini, muatan kapasitas dump truk biasanya tidak melebihi 20 meter kubik. Dump truk ini ada yang menggunakan roda penggerak depan belakang (four-wheel drive) dan ada pula yang hanya menggunakan roda penggerak belakang (rear-wheel drive).

Off-Highway Dump Truck

Untuk off highway dump truk, tipe truk ini dirancang khusus untuk bekerja di medan yang lebih berat, seperti tambang dan pengerukan pada proyek konstruksi besar. Biasanya, off highway dump truk dilengkapi dengan ban yang lebih besar daripada truk lainnya dan memiliki kapasitas dump truck lebih dari 20 meter kubik atau mampu mengangkut beban hingga 15 ton.

Di sisi lain, terdapat beberapa jenis dump truk yang umum digunakan di Indonesia, antara lain:

1. Dump Truk Standar

Jenis ini merupakan dump truk dengan kapasitas angkut standar. Mereka umumnya memiliki bak dengan kapasitas sekitar 10 hingga 20 meter kubik.

2. Dump Truck Trailer

Dump truk trailer memiliki dua atau lebih sumbu dan dapat mengangkut muatan yang lebih berat dibandingkan dengan dump truk standar. Kapasitas angkutnya bisa mencapai 30 hingga 40 meter kubik.

3. Articulated Dump Truck

Jenis ini memiliki desain yang unik dengan artikulasi antara bak dan kabin. Hal ini memungkinkan dump truk untuk bergerak dengan lebih lincah di medan yang sulit. Kapasitas angkutnya berkisar antara 25 hingga 40 meter kubik.

Cara Memilih Dump Truk yang Tepat

Memilih dump truk yang tepat sangat penting agar pekerjaan pengangkutan material dapat dilakukan dengan efisien dan aman. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih dump truk, di antaranya:

Kapasitas Angkut

Pastikan dump truk memiliki kapasitas angkut yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Periksa berapa meter kubik material yang akan diangkut dan pilihlah dump truk dengan kapasitas yang memadai.

Jenis Material

Pertimbangkan jenis material yang akan diangkut. Beberapa material mungkin memerlukan dump truk dengan konfigurasi khusus, seperti material yang mudah tumpah atau berbahaya.

Kondisi Jalan dan Medan

Perhatikan kondisi jalan dan medan tempat dump truk akan beroperasi. Jika terdapat medan yang sulit atau jalan berliku, dump truk dengan kemampuan off-road atau traksi yang baik mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Kualitas dan Keandalan

Pilihlah dump truk dari produsen terpercaya yang memiliki reputasi baik dalam hal kualitas dan keandalan kendaraan. Dump truk yang handal akan mengurangi risiko kerusakan dan gangguan dalam proses pengangkutan material.

Efisiensi Bahan Bakar

Pertimbangkan juga efisiensi bahan bakar dari dump truk yang akan Anda pilih. Dump truk yang lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar akan membantu mengurangi biaya operasional dalam jangka panjang.


Mengenal kendaraan dump truk di Indonesia memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya peran mereka dalam industri konstruksi dan pertambangan. Dengan memilih dump truk yang tepat, proyek-proyek konstruksi dan pertambangan di Indonesia dapat berjalan dengan lebih efisien dan produktif.